4 Pilar Utama Bisnis yang Anda Wajib Kuatin : Pilar Pertama

ilar Dalam membangun sebuah bisnis ada 4 pilar utama yang wajib kita kuatin, layaknya meja 4 kaki yang kokoh.
Sehingga bisnis Anda juga akan kokoh spt meja 4 kaki, bisa bertahan dan berkembang dalam segala situasi.

4 Pilar utama tersebut adalah:
1. Marketing
2. Sales
3. Operasional
4. Finance

Pada artikel ini kita akan bahas tentang “Marketing”.
Marketing 
bahasa awam yang paling gampang dimengerti adalah bagaimana membuat orang tahu dan sadar akan kehadiran bisnis kita, kehadiran toko kita, kehadiran merk produk kita.

Marketing menjadi urutan pertama dari 4 pilar utama, karena bagaimana calon customer bisa belanja di toko kita atau produk kita jika calon customer tidak tahu kehadiran kita? Tidak tahu kita ada?
Jadi langkah pertama dalam membangun sebuah bisnis adalah menyusun strategy marketing, yaitu strategy untuk kita membuat target-target calon customer kita tahu akan kehadiran bisnis atau produk kita.

Langkah dasar strategy marketing:
1. Tentukan target calon customer Anda.
Ini berarti targt calon customer Anda harus spesifiik. Contoh: Anda menjual sepatu high heel, tentunya ini target utamanya adalah wanita, dengan usia wanita yang cocok memakai high heel Anda misalkan saja usia 20 tahun hingga 45 tahun (ini Anda lebih tahu tentunya).

2. Tentukan area geografis yang Anda mau jadikan target calon customer Anda.
Menentukan area geografis juga sangat penting bagi bisnis Anda, terutama bagi Anda yang memiliki toko fisik, produk yang tidak bisa dikirim jarak jauh seperti contoh bahan bangunan, batang besi, katering, dan lainnya.
Dengan menentukan area geografis Anda bisa memfokuskan waktu, tenaga dan pikiran Anda pada target yang tepat, sehingga tidak habis waktu dan tenaga buat target yang pada ujungnya tidak bisa dikirim orderannya karena alasan mahalnya ongkos kirim, produk yang tidak bisa bertahan lama dalam perjalanan expedisi dan lainnya.

3. Membuat konten iklan untuk dibagikan ke target calon customer Anda.
Setelah target calon customer dan area sudah Anda tentukan, sekarang saatnya membuat mereka tahu akan kehadiran bisnis kita.
Tentunya untuk membuat mereka tahu diperlukan informasi tentang bisnis kita dalam bentuk iklan dengan konten yang sudah kita susun dengan benar, yaitu dengan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).
Berikut susunan konten iklan yang benar:
A adalah Attention, yaitu bagaimana kita membuat headline yang benar-benar menarik perhatian WHO (atau Target Market) Anda untuk membaca baris kedua dari iklan Anda.
I adalah Interest, yaitu bagaimana Kita membuat WHO Anda tersebut semakin tertarik tentang produk atau jasa atau bisnis Anda.
D adalah Desire, yaitu bagaimana caranya agar Kita dapat membuat WHO Anda tersebut semakin berkeinginan kuat untuk membeli produk atau jasa di bisnis Anda.
A adalah Action, yaitu bagaimana caranya agar WHO yang melihat atau membaca atau mendengar iklan Kita benar-benar LANGSUNG SEGERA mengambil ACTION untuk membeli produk atau jasa Anda.

4. Selanjutnya adalah penyebaran iklan kita.
bagaimana cara kita menyebarkan iklan kita sehingga para calon customer kita yang sudah kita targetkan dapat menerima iklan kita.
ada banyak cara yang dapat kita lakukan:
1. Pasang billboard di jalan-jalan utama area yang kita targetkan. (Cost yang sangat besar tentunya)
2. Iklan di TV, Radio, Youtube, Tiktok. (Cost yang juga sangat besar tentunya)
3. Endorse di Instagram / Tiktok. (Cost sedang namun jangkauan tidak besar, sebatar follower yang di endorse dan tentunya followernya belum tentu target market kita)
4. Google Ads, yaitu iklan di Google berbayar. (Cost bisa diatur dari kecil hingga besar, minimal diatas Rp 2.000.000/bulan, dan tentunya harus memiliki website pribadi)
5. Facebook & IG Ads, iklan berbayar yang akan muncul di semua pengguna FB & IG calon customer kita yang sudah kita targetkan. (Cost bisa diatur dari Rp 15.000/hari harus memiliki fans page FB dan website pribadi jika mau maximal)
Dan masih banyak cara lainnya, seperti contoh menggunakan sales keliliing, iklan di koran, dan banyak jenis lainnya.
NB: Jika Anda tidak tahu bagaimana memulai semua ini terutama untuk google ads dan FB/IG ads, A1 Accessories dapat membantu Anda dengan biaya yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp 50.000 untuk 1 jam pengerjaan.

Demikian arti dan cara marketing pada artikel kali ini, jika anda membutuhkan bantuan dalam membuat fans page, cara beriklan di google ads dan FB / IG Ads atau ingin membuat website, silahkan WA kami, kami akan sangat senang bisa membantu Anda 🙂

NB: Materi diatas dikutip dari buku “Business is Fun”

Tools mudah yang bisa Anda gunakan langsung saat ini:
1. Adobe Photoshop untuk membuat konten iklan gambar yang menarik.:
Download gratis disini: https://semawur.com/JDeEWX1UdFon, Password: www.monitorteknologi.com
2. Jasa tarik database googlemap toko-toko, no WA grup WA Facebook (yang banyakan berisi reseller).
Dimana database ini berisi nama toko, no telpon / hp dan alamat lengkap.
Banyak jasa tarik database yang tersedia di Google. Termasuk di A1 Accessories.
Dengan biaya Rp 50.000 Anda dapat menarik 5 area database contact yang Anda mau.
3. Jasa Blasting WA.
Dimana database contact WA Anda dapat dibroadcast iklan Anda dan pasti masuk ke WA calon customer, biarpun no Anda belum di save. Dan Anda tinggal menjawab balasan dari hasil broadcast.
Jasa ini juga disediakan A1 Accessories dengan sekali blast Rp 50.000 tanpa batas no WA.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan WA CS kami 🙂

 

Share

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top