4 Pilar Utama Bisnis Yang Harus di Kuatin : Pilar ke 2

Pilar ke2 adalah SALES / Transaction.
Bagaimana cara kita mengubah calon customer yang sudah datang ke toko kita atau ke website kita menjadi customeer : belanja produk kita.

Ada banyak strategy yang dapat dilakukan namun, sebelum menerapkan strategy-stratey itu, hal terpenting yang wajib dimiliki Toko atau Bisnis Anda adalah:
1. Pelayanan yang terbaik : Ramah, Sopan, Jujur.
2. Fast Respon.
3. Kemudahan berbelanja (buat toko fisik, design toko yang memudahkan customer mencari produk yang sesuai sangat penting) dan kemudahan pembayaran (bisa cash, bisa e-money, bisa gesek kartu debit atau kredit)
4. Customize atau bisa memenuhi kebutuhan special pelanggan, seperti contoh COD, belanja lewat website / WA.
5. Quick solution : Penanangan masalah customer dengan cepat.

Setelah itu semua uda pasti ada, berikut strategy Pilar Sales / Transaction:
1. Menciptakan mesin pencari calon customer, Sehingga selalu ada calon customer setiap hari atau minggunya.
Disinilah pilar pertama berperan penting dan artikelnya telah diterbitkan.

2. Meningkatkan jumlah persentase calon customer menjadi customer.
2.1 Disini keahlian jago sales / menjual sangat diharuskan. Bagi Anda yang memiliki team penjualan sendiri, maka harus dipastikan teamnya jago menjual.
Anda bisa melatih mereka dengan membuat sales script (SOP cara menawarkan produk, menjelaskan produk), FAQ (menguasai jawaban atas pertanyaan2 umum calon customer / customer), role playing (saling gantian latihan mempraktekkan sales script dan FQ antar anggota).
Buat di Toko online, deskripsi jelas sangat penting, dan 1 halaman FAQ juga diharuskan.
2.2 Membuat Penawaran khusus / Promo terbatas baik untuk jumlah customer maupun waktu (flashsale).
2.3 Follow up customer melalui broadcast produk, menanyakan kabar dan research pasar, info promo dan lainnya.
2.4 Kelengkapan produk. Dimana bukan hanya lengkap jenis kategori, tapi dari kategori itu juga lengkap jenis, kualitas dan harganya (dari murah sampai mahal yang bagus ada).

3. Meningkatkan nilai transaksi.
Disini bagaimana kita membuat customer yang belanja, menjadi belanja lebih banyak.
Ada berbagai cara seperti:
membuat paket produk, membbuat tingkatan discount misalkan beli 1 discount 10%, beli 2 discount 20% dan seterusnya.
Atau buy 2 get 1 free.

4. Membuat Repeat Customer.
Disini adalah yang terpenting, gimana agar customer kita mau kembali berbelanja / repeat order.
Kita bisa menggunakan stratey system point / reward untuk setiap kelipatan belanja dengan batas waktu yang telah ditentukan.
contoh belanja Rp 100.000 dapat 1 stamp, kumpulkan 20 stamp dalam setahun dapat reward.
Belanja dapat cashback yang dapat dipakai sebagai potongan discount buat belanja selanjutnya.
Disini follow up juga sangat penting.

Ada banyak strategy lain yang dapat Anda temukan di seminar-seminar online tentang cara penjualan ataupun buku-buku. Jika ingin bisnis Anda naik dan berkembang maka terus belajar mencari cara terbaik adalah hal yang wajib dilakukan.

Sumber buku : Business is fun

Success story:
CARA SUKSES ALA KO BUDI HARTONO TEBING TINGGI

Share

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top