4 Pilar Utama Bisnis Yang Harus di Kuatin : Pilar ke 3

Pilar ke 3 adalah operasional.

Point utama dari pilar ini adalah bagaimana cara kita membuat customer mau repeat order, mau kembali ke toko kita.
Tentunya ini semua bergantung kepada :
1. Pelayanan kita
2. Harga kita
3. Promo dan cara menginfornasikan promo ini dengan tepat waktu.
4. Cara Follow up yang baik dan benar.

Tentunya kita sudah membuat segala pelayanan kita baik, harga kita juga bersaing, cara menginformasikan promo dan follow up kita juga baik.
Problemnya adalah bagaimana agar ini semua berjalan dengan konsisten, terutama dilakukan secara konsisten oleh team atau karyawan kita?

Untuk hal inilah kita perlu ciptakan:
1. Business strategy.
Cara-cara untuk kita bisa mencapai target kita, baik itu tahunan, bulanan hingga harian, ini berupa strategy marketing dan strategy sales yang ditargetkan sedemikian rupa untuk mencapai goal kita.

2. Flow Business.
Disini kita menggambarkan alur business kita, seperti contoh sales kita sudah melakukan marketing dengan benar dan mendapatkan hasil berupa orderan, orderan ini akan diteruskan ke siapa? kemudian setelah penyiapan diteruskan kemana? Hingga sampai pada langkah terakhir pengiriman resi kepada customer.
Jika ditoko offline, ketika customer masuk ke toko kita, diarahkan ke bagian barang yang dicari, kemudian ke kasir, kemudian penyelesaian transaksi. Contoh untuk yang laundry baju:

3. Struktur Organisasi
Gambar struktur organisasi Anda, dari yang teratas yaitu Anda sebagai pemilik bisnis atau CEO, kemudian kebawah ke bagian masing-masing flow spt contoh:
MENCIPTAKAN ALUR OPERASIONAL STRUKTUR ORGANISASI DISTRIBUTOR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN | Jasa – Konsultan Manajemen Bisnis Surabaya | Call – 0818521172 , 081252982900 (Wa)

isi nama dibawah masing-masing posisi .1 nama bisa menempati beberapa posisi jika saat ini masih bisa dihandle 1 orang.

4. Standard Operating Procedure 
Setelah posisi dan jobdesk atau tugas masing-masing anggota sudah jelas, sekaranglah saatnya membuat SOP atau Standard Operating Procedure, yaitu cara kerja yang benar yang menghasilkan hasil pekerjaan yang baik yang selama ini kita jaga sebagai pemilik bisnis.
Cara membuat SOP yang berhasil adalah dimana SOP tersebut gampang dimengerti oleh team kita. Dalam bentuk gambar jika SOPnya singkat seperti sering kita temu di pom bensin, bingkat foto yang isinya tulisan 3S : Senyum, Sapa, Salam yang dipajang di tempat sales berada, agar mengingatkan sales kita untuk selalu melakukan 3S.
Jika panjang bikinlah dalam bentuk seperti buku, ada halaman daftar isi (biasanya untuk online) yang dibikin dalam bentuk pdf,atau word.

5. Indicator performa kerja team.
Tools untuk semua langkah diatas berjalan dengan konsisten dan team menghasilkan lebih.
Tools itu adalah KPIM (Key Indicator Performance Indicator).
Penjelasan silahkan klik disini (dan dapatkan toolsnya secara gratis) : About KPIM
Hal terpenting dari semuanya adalah manusia yang menjalankan, oleh karena itu perlu dipastikan bahwa team Anda adalah orang yang tepat pada posisi yang tepat.

Tools yang dapat gunakan:
1. Web draw.io untuk membuat flow business dan stuktur organisasi secara online dan mudah. Atau anda bisa menggunakan microsoft excel.
2. KPIM
3. Test IQ dan Kepribadian team atau calon team Anda. Gratis buat customer A1.
Silahkan klik link dibawah ini:
Test IQ
Test Karakter

Share

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top