5 CARA MENDATANGKAN PELANGGAN BARU DENGAN SEO LOCAL

Local SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi optimasi SEO yang membantu sebuah bisnis untuk muncul pada pencarian lokal di Google. Jika Kamu memiliki bisnis lokal, maka Kamu perlu mengoptimasi website Kamu untuk memastikan bahwa orang-orang yang ada di wilayah bisnis Kamu mengetahui produk/layanan yang Kamu tawarkan. Jadi, Kamu harus mengoptimasi website Kamu untuk area tersebut. Itulah gambaran Local SEO.

Local SEO merupakan cara yang sangat efektif untuk memasarkan bisnis lokal Kamu karena bisa membantu sebuah bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada  pelanggan lokal di waktu yang tepat ketika mereka sedang mencarinya di internet.

Apa saja strategi local SEO?

Local SEO sangat berbeda dengan SEO pada umumnya. Peraturannya sangat berbeda karena perbedaan tujuan antara local SEO dan jasa SEO pada umumnya. Para pebisnis lokal cenderung lebih senang jika bisnis mereka sering muncul pada daftar directory dan lebih sering dihubungi oleh klien potensial dibandingkan dengan meningkatnya jumlah kunjungan website.

Apa saja strategi local SEO yang bisa membuat bisnis lokal menjadi lebih mudah ditemukan oleh banyak orang?

1. Melokalisasi Website

Melokalisasi website berarti memasukkan kota, negara dan nama wilayah Kamu secara natural ke dalam situs Kamu.  Bagi bisnis yang tersedia di beberapa lokasi, Kamu mungkin perlu membuat halaman website tersendiri atau Content Hubs untuk setiap lokasi. Strategi lainnya adalah tergabung dengan acara lokal dan menuliskan artikel serta informasi seputar event tersebut di dalam situs.

2. Membangun Sitasi

Pastikan bahwa fitur-fitur yang ada pada situs Kamu telah ada pada situs sitasi dan direktori bisnis online. Ini tidak hanya akan membantu pelanggan menemukan bisnis Kamu namun memunculkan nama perusahaan Kamu, alamat, nomor telepon dan URL serta menambahkan informasi pada direktori bisnis akan meningkatkan peringkat pencarian.

3. Mengklaim daftar Google My Business

Mengklaim halaman Google My Business milik Kamu adalah langkah kunci untuk membantu bisnis Kamu muncul pada layanan Google seperti hasil pencarian lokal dan Google Maps. Google My Business (GMB) atau Google Bisnisku seharusnya menjadi direktori online pertama yang Kamu daftarkan.

4. Mengatur Reviews dan Rating

Review yang jujur sangat penting untuk menunjukkan kualitas layanan dan mengirimkan sinyal pada mesin pencarian bahwa situs Kamu dan layanan Kamu memang terpercaya. Semakin banyak jumlah review, kualitas review dan otoritas situs review maka semakin baik skor SEO lokal.

5. Mendapatkan backlinks yang relevan & berkualitas

Backlink yang didapatkan secara natural dari website dengan otoritas tinggi akan membantu mesin pencarian mengenali situs Kamu sebagai sumber informasi terpercaya. Link yang didapatkan dari koran lokal, blogger lokal, asosiasi bisnis lokal bisa meningkatkan visibilitas pencarian Kamu.

Alasan Local SEO Bisa Mendatangkan Pelanggan Baru

Local SEO ternyata  efektif dalam mendatangkan pelanggan baru untuk bisnis Kamu. Bisnis local sebaiknya mulai menerapkan strategi local SEO agar bisnisnya lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.

Mengapa local SEO bisa sangat ampuh dalam menarik datangnya pelanggan baru?

1. Pelanggan mencari produk/layanan lokal lewat internet

Sekarang adalah era informasi yang dikuasai oleh internet. Orang-orang cenderung mencari informasi lewat internet termasuk untuk mencari produk dan layanan yang mereka butuhkan. Dengan menerapkan Local SEO, maka bisnis Kamu bisa mendapatkan pelanggan baru dengan jauh lebih mudah.

Berikut ini data yang mendukung local search:

  • 96% pemilik PC melakukan pencarian lokal
  • 46% dari seluruh pencarian Google bersifat lokal
  • 64% pelanggan lokal menggunakan direktori dan mesin pencarian sebagai cara utama untuk menemukan bisnis lokal
  • 50% pencarian mobile lokal mencari informasi bisnis seperti nomor telepon atau alamat perusahaan
  • 78% hasil pencarian mobile lokal berujung pada jual beli

2. Marketing pencarian lokal sangat tertarget dan tepat waktu

Orang-orang melakukan pencarian lokal karena ingin menemukan bisnis yang ada di sekitar mereka. Selain itu, alasan lainnya adalah ingin menemukan produk atau layanan. Banyak pencari lokal yang mencari nama bisnis tertentu namun banyak yang tidak menyebutkan nama bisnis yang spesifik ketika mereka baru mencari.

Dengan mempelajari local SEO, Kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih baik bagi bisnis Kamu dan mempromosikan apa yang telah Kamu tawarkan kepada pelanggan lokal ketika mereka mencari bisnis yang sejenis dengan bisnis Kamu. inilah waktu yang tepat untuk terhubung dengan pelanggan potensial ketika mereka benar-benar membutuhkan layanan/produk Kamu.

3. Menghasilkan angka konversi tertinggi

Jika Kamu ingin segera tahu mengapa local SEO penting mungkin ini bisa menjadi jawabannya. Directori online seperti Yelp, Foursquare, Citysearch dan sebagainya menampilkan nama bisnis, alamat, nomor telfon dan informasi tambahan (seperti deskripsi bisnis atau menu).

Direktori lokal mendominasi banyak halaman pertama dari hasil pencarian. Marketing direktori lokal memiliki angka konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis iklan tradisional lainnya. Angkanya bahkan mencapai lebih dari 50%. Itu berarti bahwa dengan mendaftarkan bisnis Kamu pada situs direktori online yang berkaualitas maka 1 dari 2 leads bisa menjadi pelanggan Kamu.

4. Hanya 44% bisnis yang mendaftarkan bisnis mereka pada Google My Business

Google My Business adalah daftar gratis yang disediakan oleh Google untuk bisnis. Dengan mendaftar pada Google My Business, maka kesempatan Kamu untuk tampil pada hasil pencarian lokal menjadi lebih tinggi. Selain itu, banyak bisnis lokal yang tampaknya masih belum menyadari pentingnya marketing online. Ini memberikan kesempatan bagi Kamu untuk memenangkan persaingan di antara pebisnis dan menjadikan bisnis Kamu lebih siap bersaing.

5. Jumlah pengguna internet meningkat

Lebih banyak pelanggan yang menggunakan smartphone atau tablet untuk menemukan bisnis lokal terbaik ketika mereka ingin mencarinya. Faktanya, mobile digital media di Amerika Serikat sekarang lebih tinggi 51% dibandingkan dengan pengguna desktop yang hanya sebesar 42%. Local SEO meliputi akses internet PC dan mobil yang berarti bahwa Kamu tidak melewatkan pelanggan potensial.

Dino Website dapat membantu Kamu memaksimalkan SEO Local ini dengan strategy DINO Digital Marketing. Kunjungi website kami di  https://dinowebsite.com/

Dapatkan penawaran terbatasnya.

 

Share

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top