5 Cara Ampuh Menarik Pelanggan Baru
Bagi Kamu yang ingin membangun sebuah bisnis, mungkin permasalahan pertama yang kamu hadapi adalah soal modal. Namun, permasalahan berikutnya yang menyita waktu dan pikiran Kamu saat membangun sebuah bisnis adalah menggaet pelanggan atau konsumen. Tanpa pelanggan, bisnis sulit untuk bertahan, apalagi berkembang. Karena itu, strategi marketing untuk menarik perhatian pelanggan termasuk aspek paling penting sesuai target pasar yang ingin disasar.
Untuk bisnis baru, tantangan utama dalam pemasaran adalah bagaimana cara menarik perhatian calon konsumen agar melirik layanan atau produk yang Kamu jual. Tidak mudah, namun tidak begitu sulit juga. Saat ini cukup banyak cara pemasaran hingga inovasi yang bisa Kamu coba untuk menarik perhatian pelanggan.
Beberapa cara inovasi pemasaran di antaranya yaitu:
-
Bangun Strategi Media Sosial
Di era populernya media sosial seperti sekarang, bukan hanya bisnis online semata yang perlu memiliki akun dan membangun strategi branding. Bisnis offline juga perlu. Sebab, media sosial bisa membantu bisnis Kamu menjangkau jutaan orang dalam sekali waktu. Semakin banyak orang kenal dan terpapar oleh branding, serta komunikasi produk di media sosial, pelan-pelan dampaknya tentu akan terasa pada bisnis Kamu, meski offline sekalipun.
Contoh: bisnis kuliner. Banyak sekali restoran atau tempat makan yang membangun strategi media sosial yang sangat jor-joran, demi menggaet pelanggan baru untuk datang ke outletnya. Bisa dengan posting menu baru dengan foto yang menggugah selera, posting promosi atau kuis di media sosial yang mengajak followers untuk lebih engage, hingga mengunggah jam operasional.
Dengan akun media sosial, ini juga bisa menjadi bukti bisnis yang Kamu jalani nyata, bukan tipu-tipu, dan benar-benar eksis. Selain mencari di search engine seperti Google, orang akan melakukan validasi untuk berbagai hal melalui media sosial.
-
Bangun Hubungan dengan Calon Konsumen
Ketika akun media sosial bisnis Kamu berhasil dibuat, dan strateginya sudah dieksekusi dengan baik, ditambah banyak follower, jangan lupa menjalin hubungan yang ramah. Â Misalnya Kamu bisa mencoba rutin membuat postingan yang meminta mereka berpartisipasi, komen, like, share, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga membalas setiap pertanyaan yang masuk ke media sosial dengan sejelas-jelasnya dan seramah mungkin..
Namun, jangan hanya jadi ‘jagoan’ di media sosial saja. Kamu juga perlu membangun networking dan hubungan yang baik dengan konsumen di dunia nyata. Terlebih jika bisnis yang Kamu jalani berbasis offline, seperti kuliner atau tenan makanan.
Pelayanan yang baik dan keramahan dalam komunikasi sangat diperlukan agar bisnis Kamu mendapat kesan yang baik dari pelanggan. Makin baik kesan yang didapat, akan makin besar peluang bisnis Kamu menerima mouth to mouth marketing secara gratis.
-
Gunakan Beberapa Channel Pemasaran
Selain media sosial, kamu juga bisa mencoba beberapa channel pemasaran lainnya. Contoh, jika target market adalah Gen Z yang berumur 8-25 tahun, pertimbangkan untuk menggunakan TikTok sebagai strategi pemasaran. Jangan hanya berfokus ke Instagram, atau Facebook saja.
Contoh konten Instagram https://www.instagram.com/shenshenchandra_official/
Sebab, Gen Z biasanya sangat aktif membuka TikTok setiap harinya. Jika Kamu berkolaborasi dengan salah satu influencer di TikTok, eluang bisnis Kamu dilirik oleh target market juga semakin besar.
Namun, jika target market bisnis Kamu adalah milenial berumur 25-30 tahun ke atas, pertimbangkan juga menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran. Sebab, milenial di rentang umur tersebut biasanya sangat aktif dalam mengecek email setiap harinya.
-
Buat Promosi, Giveaway, atau Kuis Berhadiah
Nah, salah satu cara termudah mendapatkan pelanggan baru dengan mengadakan aneka jenis promosi, baik online maupun offline. Misalnya, paket bundling, giveaway, atau kuis yang berhadiah produk Kamu. Meski tidak spesifik berdampak pada penjualan, giveaway atau kuis berhadiah akan meningkatkan awareness orang terhadap bisnis Kamu. Â Jika ingin menjalankan strategi ini, Kamu perlu menyesuaikan bugetnya dengan margin dan hitung-hitungan bisnis yang sesuai supaya nggak rugi.
-
Sediakan Sample Produk Gratis untuk Dicoba Konsumen
Supaya calon pelanggan tertarik mendekat dan mencoba produk yang Kamu suguhkan, Kamu juga bisa memberikan sample produk secara gratis. Misalnya, jika Kamu menjual aneka snack dan minuman di booth, sediakan sampel snack tersebut dalam porsi kecil. Dengan begini, calon konsumen bisa tertarik dan penasaran, yang akhirnya akan membeli produk Kamu secara utuh.
Soal Mengelola Media Sosial, Percayakan A1 Acc Digital Marketing
Buat Kamu yang sedang mencari team digital marketing, A1 Acc menyediakn jasa digital marketing dengan harga terjangkau dan lengkap. Bisa pelajari disini https://www.a1accessories.co.id/jasa-digital-marketing-a1-acc/