6 Cara Menentukan Produk yang Akan Dijual, Pasti Laku!

6 Cara Menentukan Produk yang Akan Dijual, Pasti Laku!

Saat memulai bisnis, hal apa yang terlintas dalam pikiranmu? Apakah modal, keuntungan, atau produk yang dijual? Kalau Anda masih bertanya tentang produk apa yang layak dijual dan menghasilkan cuan, maka perlu baca tips berikut ini!

Menentukan produk yang akan dijual memang gampang-gampang susah. Ini tidak seperti Anda menyukai satu hal kemudian menjualnya. Cara menentukan produk yang dijual harus melalui riset untuk mencari tahu kebutuhan dan minat pelanggan. Yuk, simak langsung tips dan caranya!

Cara Menentukan Produk yang Akan Dijual

1. Cari Tahu Kebutuhan dan Minat Pelanggan

Salah satu cara menentukan produk yang akan dijual adalah dengan riset. Lakukan riset untuk mencari tahu kebutuhan dan minat pelanggan. Kalau Anda tidak tahu apa kebutuhan dan minat pelanggan, bagaimana mungkin menargetkan suatu produk terjual habis? Alih-alih untung, Anda malah bisa buntung. Modal yang sudah dikeluarkan untuk pengadaan maupun produksi produk justru tidak akan kembali.

Untuk menentukan produk yang akan dijual, terlebih dahulu Anda perlu menentukan akan bergerak di bidang apa usahamu ini. Apakah makanan, fashion, kesehatan, maupun lainnya. Kalau sudah menentukan, kecilkan lagi ruang lingkupnya dengan mencari siapa target market-nya. Contohnya, Anda tertarik membuka usaha accessories. Maka, produk yang bisa Anda jual di antaranya adalah charger,headset,case,tempered glass dll.

Baca juga : https://www.a1accessories.co.id/cara-promosi-yang-efisien-di-media-online/

2. Sesuaikan dengan Kemampuan dan Minat

Meski berbisnis itu acuannya pada peluang dan keuntungan, bukan tidak mungkin hal ini berawal dari minat dan kemampuanmu. Contohnya saja seseorang yang hobi masak, lalu sukses membuka usaha catering harian untuk anak kos. Kesuksesannya dalam berbisnis berawal dari kemampuan dan minatnya dalam memasak.

Anda pun bisa demikian, coba tanyakan pada diri sendiri hal apa yang Anda sukai. Apakah mengolah aneka masakan, menjahit baju, melukis, atau bahkan berfoto di depan kamera. Kalau Anda memulai sesuatu dari hal yang disuka, maka kemungkinan besar untuk bertahan saat ada kendala pun bakal besar.

3. Pastikan Ketersediaan Produk

Cara menentukan produk yang akan dijual berikutnya adalah memastikan ketersediaannya dalam jangka panjang. Entah itu ketersedian dalam bentuk jadi maupun bahan baku pembuatannya.

Jika Kamu bisnis accessories handphone pilih suplier yang produknya lengkap dan berkualitas.

4. Minta Feedback ke Orang Terdekat

Apakah produkmu sudah layak jual dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasar? Hal itu bisa Anda tanyakan ke pembeli maupun orang terdekat. Minta pelanggan memberikan feedback dari pengalaman belanja mereka di tokomu, bisa berupa review produk maupun kritik dan saran.

“Case sudah bagus, oke, warnanya sesuai gambar, tapi sayang motifnya tidak ada yang kusuka.”

Review seperti ini bakal jadi feedback bagus untuk bisnismu di kemudian hari. Jangan ragu pula meminta feedback dari keluarga maupun teman terkait bisnismu agar mereka bisa memberikan saran dan inovasi segar.

5. Berikan Inovasi dari Produk yang Sudah Ada

Kalau Anda memilih produk yang sudah sangat umum dijual, maka tambahkan inovasi agar berbeda dari yang lain. Contohnya, orang jualan Accessories handphone sudah banyak, lalu apa yang membedakan bisnismu dengan yang lain? Apakah model, bahan, harga, atau ketersediaan dalam satu kali produksi yang dibatasi? Anda perlu cari keunikan dan inovasi dari bisnismu agar terlihat unggul dari lainnya.

6. Jangan Ikuti Ego

Saat menentukan produk yang dijual, jangan menuruti ego atau keinginan pribadi. Singkirkan egomu untuk menjual suatu produk tertentu jika memang itu tidak mendatangkan keuntungan. Lihat produk apa yang benar-benar laku meskipun secara pribadi Anda kurang suka dengan produk tersebut.

Egomu terkadang bisa menghalangi perkembangan bisnis, oleh karena itu belajarlah untuk mengesampingkan ego di waktu-waktu tertentu. Terimalah fakta bahwa produk B lebih mendatangkan keuntungan daripada produk A yang Anda jagokan untuk laris. Dengan begitu, bisnismu akan terus berjalan dan tidak terhambat oleh ego pribadi.

Kalau Anda berhasil menerapkan cara menentukan produk yang akan dijual, bukan tidak mungkin bisa menemukan peluang usaha yang cocok denganmu. Bisnis sekarang ini tidak harus dimulai dengan memiliki toko fisik. Dari rumah pun kalau Anda pintar memilih produk jualan yang tepat, maka bisnis agar berkembang pesat.

Coba gratis A1 POS + Web Toko Online selama 2 minggu.

 

Belum punya software kasir? yuk coba gratis A1 POS + Web Toko Online yang merupakan software kasir online + website toko online dalam 1 system: Stock di toko online sama dengan system di software kasir online, dimana jika toko online terjadi penjualan , stok akan berkurang juga di POS, begitu juga sebaliknya.

 

Web juga dilengkapi fitur untuk memenuhi kebutuhan penjualan retail maupun grosir.

 

NB: hanya menerima 25 user.

So segera daftar yah…

 

Caranya isi data berikut:

 

Nama Owner:

Nama Toko:

No Hp marketing / Cs:

 

Mau menggunakan domain:

  1. https://a1accprogram.xyz/nama-toko-anda. Atau
  2. https://namatokoanda/

 

Tinggalkan Balasan