Cara Benar Menambah Follower Tanpa Modal

5 Prinsip dasar dalam setiap strategi Instagram marketing Anda:
1. Sudah tahu siapa yang ingin Anda capai.
2. Berada dimana calon target Anda berada.
3. Tahu apa yang Anda ingin audience Anda lakukan.
4. Menginformasikan apa yang Anda punya yang mereka mau atau butuhkan.
5. Mempermudah Audience dalam mengambil tindakan yang kita mau mereka lakukan.

Langkah-langkah menambah follower:
1. Calon Target Anda.
Pikirkan tentang gender, usia, lokasi, karir, status hubungan edukasi, ketertarikan / interest dan personality calon target Anda.

Apa yang mereka inginkan?
Apakah Anda bisa memberikannya?

Apa yang mereka butuhkan?
Apakah Anda memiliki apa yang mereka butuhkan?

Masalah apa yang mereka sering hadapi?
Apakah Anda punya solusinya?

Apa impian mereka?
Apakah Anda bisa membantu mewujudkannya?

Dan yang terpenting adalah:
Kenapa mereka harus follow Anda?
Apa yang memotivasi mereka follow Anda?

Hal terpenting untuk membuat akun instagram Anda menjadi akun dengan karakter marketing adalah perspektif Anda dari berpusat kepada diri sendiri, menjadi berpusat kepada Audience.

2. Berada pada tempat dimana Audience Anda berada.
Audience ideal Anda telah berada pada suatu tempat di Instagram. Misi Anda adalah mencari tahu tempat tersebut dan Anda juga terlihat disana.

Biasanya orang-orang berkumpul di sekitar akun dan hashtag favorit mereka, dann itulah yang Anda harus cari.
Hashtag adalah tempat terbaik untuk memulai, carilah hashtag yang relevan atau cocok dengan bisnis Anda atau apa yang Anda mau tawarkan. Melihat halama hashtag akan membantu Anda menemukan akun kompetitor yang sudah menjadi pemain besar. Anda bisa tiru, amati dan modifikasi cara marketing, sales pemain besar tersebut.

Hashtag adalah cara terbaik untuk membuat postingan Anda dilihat banyak orang. Goal Anda adalah ditemukan oleh audience ideal Anda pada hashtag yang tepat yaitu hashtag yang menjadi pencarian audience ideal Anda.

Instagram mengizinkan 30 hashtag per postingan.
Jika Anda menggunakan fitur pencarian di Instagram dan mencari dengan hashtag (#) Anda dapat melihat berapa banyak postingan pada setiap hashtag tersebut.

Tujuan Anda adalah mencari posisi yang bagus, dimana postingan Anda cenderung yang teratas (semakin sedikit postingan di hashtag, semakin baik) dan tag yang populer untuk menarik sebanyak mungkin orang. Jadi jangan hanya posting di hashtag yang postingannya banyak.

Mulailah dengan hashtag yang memiliki jumlah posting rendah. Ketika Follower Anda mulai banyak, Anda bisa mulai masuk ke hashtag dengan postingan yang lebih banyak.
Diawal Anda mungkin akan melihat hasil yang sangat minimal, namun Anda akan mendapatkan momentum seiring waktu.

Cara mencari hashtag yang relevan dengan Anda:
pikirkan kata paling dasar yang menggambarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan ketiklah kedalam pencarian Instagram. Akan banyak tag yang muncul, pilihlah tag dengan postingan yang berada dibawah 100.000 dan yang terbanyak yang dapat diterapkan di setiap postingan Anda. Kemudian carilah kata-kata lain yang berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, hingga Anda mendapatkan 30 kata hashtag yang relevan dengan Anda.
Anda bisa meniru dari pemain besar dari setiap hashtag yang Anda jelajahi.

3. Cari Komunitas Anda
Ketika Anda memulai menjelajahi dan menggunakan lebih banyak hashtag, Anda akan mulai mengerti komunitas yang relevan dengan bisnis Anda dengan lebih baik.
Kabar baiknya adalah Anda tidak membangun audience Anda dari nol. Karena calon audience ideal Anda telah berkumpul dan mengikuti akun seseorang, ini adalah cara termudah untuk mulai mencari calon followers Anda dan menarik perhatian mereka.

Carilah dan follow pemain besar yang memiliki produk atau jasa yang sejenis dengan Anda. Mereka adalah contoh panutan yang hebat buat Anda. Mereka telah berhasil membangun apa yang ingin Anda bangun. Belajar dari mereka.

Setelah itu Anda tentunya ingin Instagram tahun dimana Akun Anda cocok dengan platform mereka. Dengan follow akun populer di bidang Anda, akan membantu algoritma Instagram mengetahui dimana dan kapan untuk memberikan Anda saran.

Setelah Anda follow pemain besar, Anda harus mulai menemukan akun yang kemungkinan besar akan follow Anda kembali, terlibat dan terhubung dengan konten Anda. Anda bisa mengikuti beberapa metode berikut:
1. Follow followersnya pemain besar.
2. Follow orang yang liked dan comment pada setiap postingan yang sejenis dengan bisnis Anda.
3. Follow back follower yang sejenis dengan bisnis kita, karena akun tersebut juga sedang membangun apa yang kita lagi bangn.

Berhati-hatilah terhadap limit follow akun yang telah ditetapkan Instagram agar akun Anda tidak diblokir.
Ini akan sangat memakan waktu dan tenaga, tapi Anda harus konsisten jika ingin mendapatkan 10.000 followers dalam waktu 3 bulan.

4. Harus seberapa pemilihnya Anda?
Seberapa pemilihnya Anda dalam follow akun orang lain yang kita berharap untuk follow back akun kita menentukan seberapa cepat follower kita bertumbuh.
Jika Anda benar2 memilih yang ideal dengan Anda ini tentunya akan lebih makan banyak waktu.
Jika Anda tidak memilih dan lebih terbuka buat semua akun yang ada di pemain besar, tentunya ini akan membuat pertumbuhan followe Anda lebih cepat, namun buat long termnya Anda akan menemukan banyak akun follower yang tidak relevan dengan Anda, apalagi Instagram membatasi follow sampai 7500 orang saja.
Dan ini semua menjadi pilihan Anda sendiri.

5. Kapan harus berhenti unfollow?
Salah 1 metode untuk menumbuhkan follower adalah dengan follow banyak akun orang lain, dan berharap mereka follow back kita kemudian unfollow setiap orang yang kita follow dan berharap mereka tidak menyadari kita unfollow mereka.
Banyak akun besar yang melakukan strategy ini dan tidak dipungkiri bahwa hal ini termasuk cara yang berhasil.

Tapi sadarilah ini:
Kebanyakan orang akan menyadari ketika Anda unfollow mereka, apalagi mereka yang menggunakan aplikasi untuk menangkap unfollowers.
Ketika akun yang Anda unfollow menyadarinya mereka akan mengikuti unfollow Anda.
Tentunya orang akan marah ketika Anda terus melakukan follow trus unfollow. Dan Anda bisa di issuekan spammer dan paling parah jika akun Anda di publish olehnya sebagai spammer, ini akan merusak citra akun Anda.

Jadi apakah Anda perlu unfollow?
Unfollowlah akun yang tidak follow Anda kembali.
Yang unfollow kita.
Yang tidak aktif.
Yang menurut kita suka memberikan komen yang tidak kita sukai.
Akun yang bukan target audience kita.

6. Memenangi Algoritma Instagram.
Algoritma Instagram menentukan gambar siapa yang berada dibagian atas feed audiens Anda, gambar siapa yang masuk ke postingan teratas, dan akun siapa yang menjadi sasaran pertama saat seseorang mengikuti akun yang mirip dengan milik Anda.
Jika Anda mengikuti algoritma Instagram, Anda dapat mengharapkan lebih banyak follower, jangkauan yang lebih baik dan engagement / keterlibatan yang lebih baik.

Apa rahasia memenangi Algoritma Instagram? Jawabannya adalah Engagement.

Instagram sangat menyukai akun yang aktif terlibat dengan orang lain. Karena ini membuktikan kepada Instagram bahwa Anda membuat konten yang dinilai baik dan dinikmati oleh orang lain.

Kuncinya adalah bagaimana Anda membuat orang terlibat dalam menyukai atau memberi komen pada konten Anda, dan bagaimana Anad terlibat dengan konten akun yang Anda follow.
Dan ini akan membuat Instagram mensosialisasikan akun yang saling terlibat tersebut.

7. Tahu apa yang Anda ingin follower Anda lakukan dan memberitahu apa manfaatnya bagi mereka.
Jadi kenapa orang lain harus follow Anda?
Karena Anda bisa memberikan apa yang mereka mau atau butuhkan.

Dan apapun yang ada dalam akun Anda dapat meyakinkan mereka bahwa Anda memiliki apa yang mereka mau atau butuhkan.

Ingat kembali keawal, ini bukan berpusat kepada Anda, tapi berpusat kepada audience Anda.

Perhatikan ini saat Anda mau membuat yang selanjutnya:
1. Username
2. Profile name
3. Bio

Pastikan username dan profile name Anda menggambarkan bidang produk atau jasa yang Anda mau publish.
Pastikan Anda juga memasukkan link website Anda (jika punya), Anda harus memilih landing page yang tepat.

Pastikan Bio Anda akan menarik audiens Anda untuk tertarik menjelajah website Anda dan membaca konten di Instagram Anda.

Pastikan konten Anda benar-benar sesuai dengan apa yang Anda mau tawarkan.

8. Foto
Karena Instagram pada dasarnya adalah 90% foto, maka pastikan foto Anda jelas dan tidak buram, punya resolusi yang baik. Jika perlu edit foto Anda menjadi lebih menarik untuk dilihat dengan menggunakan aplikasi edit foto yang banyak terdapat di playstore maupun appstore.

9. Feed.
Pastikan foto-foto didalam feed Anda selaras 1 sama lain, sehingga menampilkan galeri foto yang terlihat indah 1 sama lain.

10. Caption.
Beri caption yang dapat menarik perhatian orang untuk berkomentar. Ceritakan lebih baik dalam teks Anda atau jelaskan lebih detail dalam teks Anda.

11. Sebar link akun Instagram Anda.
Baik di web Anda sendiri, marketplace ataupun Facebook.

Hal yang paling utama dari semua itu adalah konsisten. Jika Anda konsisten maka Anda akan cepat mencapai 10.000 followers dalam waktu 3 bulan.

Apakah ada cara lebih cepat?
Tentu ada, itu adalah menggunakan Facebook & Instagram Ads. Dimana dengan tujuan goalnya “Engagement”
Baca juga : Cara beriklan di Facebook & Instagram Ads.

Pilihannya ada ditangan Anda mau yang tanpa modal atau yang pakai modal iklan.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top