Whatsapp Marketing

Artikel kali ini akan membahas bagaimana menggunakan Whatsapp sebagai tools marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Tahukah Anda bahwa pengguna Whatsapp di Indonesia mencapai 170juta dari total 274.9juta masyarakat Indonesia?
Dengan angka pengguna lebih dari 50% total populasi Indonesia ditambah dengan budaya masyarakat Indonesia menjadikan Whatsapp ini sebagai tools marketing yang sangat powerful.

Tahukan Anda bahwa tingat rata-rata orang membuka pesan Whatsapp itu mencapai 97% (Open rate) sedangkan email open ratenya hanya 4%.
Artinya setiap pesan yang masuk ke Whatsapp akun seseorang 97% pasti dibuka, biarpun belum tentu dibaca.

Oleh karena itu menjadi PR kita bagaimana agar setiap orang yang kita kirimin pesan kita mau membaca pesan kita. Inilah yang disebut dengan Whatsapp Marketing.

Didalam Whatsapp Marketing kita harus melakukan strategy menggunakan funnel Wa Marketing.
Berikut contohnya:

Ada 3 tahap dalam funnel WA Marketing.
Tahap 1: Cold Market
Ditahap ini jika prospek Anda belum tahu dan mengenal bisnis Anda, maka seberapapun bagus dan murahnnya produk yang Anda tawarkan pasti akan mental. Semakin murah produk yang Anda tawarkan akan semakin membuat prospek curiga, atau prospek tidak akan merespon dan menanyakan produk tersebut ke tempat biasa dia belanja. Bahkan kemungkinan di ban.
Oleh karena itu ditahap ini Anda tidak bisa melakukan penjualan, belum waktunya.
Ditahap ini adalah tahap Anda berkenalan membangun hubungan. Dan goalnya agar prospek mau save no kita dan terima bc dari kita. Anda bisa menggunakan strategy kasih sesuatu yang gratis berupa kupon atau ebook agar prospek mau mendaftar list group atau list bc kita.

Tahap 2 :  Warm Market
Ditahap ini prospek Anda sudah save dan mau menerima bc kita. Dan tugas kita adalah mengirimkan informasi promo dan produk dengan jangka waktu tertenu. Boleh setiap hari atau seminggu 2-3 kali.
Ditahap ini warm market tidak akan langsung belanja, biasanya masih memerlukan waktu itungan minggu atau bulan karena prospek masih mempelajari bisnis kita untuk mengenal kita. Oleh karena itu jangan putus mengirimkan informasi produk, promo dan edukasi.
Usahakan agar dalam broadcast produk atau informasi, broadcast tersebut berkesan privasi follow up, berkesan seolah-olah kita hanya WA dia dengan cara ada nama prospek didalam broadacastan.
Ada begitu banyak aplikasi diluar sana yang menyediakan fitur broadcast dengan nama prospek didalamnya. Harganya dari Rp 300rban / bulan.
Dan A1 bisa membantu Anda broadcast follow up sejenis itu secara free. Tentunya setelah Anda menjadi partner A1 Accessories.

Tahap 3 : Hot Market
Ditahap ini prospek mulai melakukan inisiatif untuk bertanya cara order atau produk tertentu. Segera lakukan teknik closing, jangan lagi mengulur waktu memberikan keyakinan seperti yang dilakukan di tahap 1.
Selalu kasih 2 pilihan saat mengakhiri percakapan.
Silahkan lihat funnel WA marketing diatas.

Setelah prospek belanja maka secara resmi dia menjadi customer Anda dan Anda harus pastikan customer tersebut repeat order kedepannya. Caranya dengan menguatkan pilar ke 3 dari 4 pilar utama bisnis Anda (artikelnya sudah tersedia di “Pusat Edukasi” A1 Accessories).

Bagaimana cara mendapatkan list contact WA?
Cara tercepat adalah menggunakan iklan berbayar terutama di Media Sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, Google.
dimulai dari Rp 450.000/bulan.
Cara dan strategy marketing di Facebook & Instagram ads telah tersedia di Pusat Edukasi A1 Accessories.
Dan bagi Anda yang pemain grosir, kami bisa memberikan database contact toko-toko diarea Anda yang kami tarik dari google secara GRATIS. Jadi Anda menghemat Rp 450.000 dan langsung mendapatkan target toko-toko tanpa penyaringan lagi.

Jika Anda perlu bantuan untuk meningkatkan bisnis dan penjualan Anda. Silahkan hubungi kami.

A1 Accessories bukan hanya marketplace produk tangan pertama.
Kami adalah pusat edukasi bisnis Anda.
Juga pusat penyedia tools untuk bisnis Anda.
Dan Partner perjalanan bisnis Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.