Yuk Terapkan Digital Marketing di Bisnis Online Anda!

Tren Digital Marketing di Tahun 2022, Yuk terapkan di bisnis online Anda!

Kini kita berada di tahun 2022 yang artinya bahwa kita harus mengikuti tren digital marketing di tahun ini. Tujuannya adalah agar bisnis semakin dikenal oleh banyak orang yang menjadi target konsumen.

Marketing merupakan sebuah bagian dari bisnis. Saat ini, perusahaan atau bisnis lebih fokus ke marketing secara digital meskipun mereka tetap menjalankan pemasaran konvensional.

Sekilas Tentang Digital Marketing

 

Dilihat dari namanya saja kita bisa mengartikan bahwa digital marketing adalah upaya untuk memasarkan produk atau layanan secara digital. Ada banyak cara dan media untuk melakukan pemasaran digital dan salah satunya adalah menggunakan sear engine marketing.

Dengan banyaknya pilihan media dan strategi marketing secara online, Anda bisa menjangkau lebih banyak target pasar. Alhasil, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru juga semakin terbuka lebar.

Akan tetapi, hasil yang didapatkan bergantung dari usaha dan cara membangun digital marketing yang dimiliki masing-masing perusahaan atau bisnis. Jadi, pastikan Anda memilih strategi yang tepat agar tujuan bisnis tercapai.

Manfaat Digital Marketing

Setiap jenis pemasaran, baik traditional marketing maupun digital marketing memberikan manfaat. Karena kali ini bisnis Anda akan lebih berfokus pada pemasaran secara digital, jadi Anda harus terlebih dahulu mencari tahu apa saja manfaat digital marketing.

Salah satu manfaat dari pemasaran produk atau layanan secara digital adalah jangkauan pasar yang lebih luas dan tepat sasaran. Dengan berbagai media dan strategi yang digunakan, Anda berkesempatan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas tanpa batasan letak geografis.

Tren Digital Marketing di Tahun 2022

Setelah tahu apa saja manfaat digital marketing, apakah Anda memutuskan untuk berpindah dari konvensional ke digital marketing? Menggunakan strategi pemasaran digital atau pun konvensional adalah sebuah pilihan. Anda bahkan bisa menjalankan keduanya secara bersamaan.

Untuk bisa mencapai tujuan digital marketing yang sudah dibuat, Anda harus terbuka dengan tren digital marketing yang mungkin berubah dan berkembang setiap tahunnya.

Implementasi digital marketing yang tepat juga diharapkan bisa menekan churn rate sehingga bisnis memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan melalui penjualan dan kepercayaan dari pelanggan setia.

Lalu, apa saja tren digital marketing di tahun ini? Berikut adalah beberapa tren digital marketing yang bisa diterapkan di bisnis online milikmu!

Konten

Di era digital seperti sekarang ini, para pemilik bisnis berlomba-lomba mendapatkan perhatian dari konsumen melalui berbagai media pemasaran termasuk konten. Ya, konten marketing masih banyak digunakan untuk menarik perhatian pengguna internet.

Konten yang digunakan untuk marketing tidak harus selalu berupa teks. Anda bisa memilih jenis konten lain seperti gambar, video, audio, infografis, e-book, dan lainnya.. Contoh konten https://www.instagram.com/shenshenchandra_official/

Video

Tidak semua orang senang membaca, oleh karena itu pebisnis dan marketer harus mencari strategi marketing lain selain konten berupa artikel. Jika berbicara tentang tren digital marketing, di tahun ini video masih menjadi tren yang sangat layak untuk Anda gunakan untuk memasarkan produk secara digital. .

Paid Search

Tren digital marketing selanjutnya yang masih bisa Anda terapkan adalah paid search seperti Google Ads Indonesia. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa searc engine seperti Google masih menjadi sumber trafik utama karena banyaknya pencarian berawal dari sana.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan trafik, leads, dan calon pelanggan atau konsumen. Anda bisa memasang iklan Google Ads menggunakan keyword yang banyak digunakan oleh pengguna internet saat melakukan pencarian.

Influencer Marketing

Influencer marketing masih menjadi tren yang relevan di tahun 2022. Melalui influencer, Anda bisa memengaruhi audiens potensial untuk memilih produk atau layanan yang Anda jual. Di tahun ini, ada banyak cara untuk mengimplementasikan influencer dalam strategi digital marketing.

Kini, ada platform Tiktok yang tengah populer dan memiliki banyak pengguna aktif. Platform tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan strategi influencer marketing.

Jika masih ingin berfokus pada sosial media Instagram, gunakan Instagram reels untuk kepentingan marketing. Reels adalah fitur terbaru dari Instagram yang saat ini sedang disenangi oleh para pengguna Instagram.

Mobile Marketing

Di tahun 2022, mobile marketing masih menjadi tren yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih dari bisnis online.

Pembeli menggunakan perangkat seluler mereka untuk mencari produk dan melakukan pembelian online, terlebih di saat pandemik seperti sekarang ini.

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi kecerdasan buatan yang semakin banyak digunakan dalam digital marketing. Dengan teknologi ini, marketer bisa mempelajari, menganalisa, dan membuat kesimpulan berdasarkan data yang didapatkan.

Untuk mengoptimasi digital marketing, ada beberapa tools dari AI yang bisa dimanfaatkan seperti Hubspot dan Google Cloud AI.

Mobile atau Live Streaming Shopping

Berbelanja kini bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah terlebih dengan banyaknya toko online yang bisa memenuhi kebutuhan para konsumen.

Bahkan kini kita bisa berbelanja melalui live streaming seperti yang banyak dijumpai di platform TikTok. Ini juga membuktikan bahwa live streaming shopping kini menjadi tren digital marketing yang tidak boleh Anda lewatkan.

Personalized Email Marketing

Email marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang juga harus Anda coba, terlebih kini personalized email marketing menjadi tren digital marketing di tahun 2022.

Melalui email yang dikirimkan kepada audiens, Anda bisa menjalin hubungan menggunakan cara yang lebih halus secara personal.

Anda bisa menawarkan produk atau layanan sesuai preferensi atau minat audiens sehingga mereka akan merasa lebih diperhatikan. Tanpa harus menghabiskan waktu untuk melakukan pencarian, mereka bisa mendapatkan produk yang dicari.

Namun, pastikan konten pada email marketing harus dibuat semenarik mungkin agar penerima email penasaran dan kemudian membaca email tersebut. Selain itu, Call to Action juga harus Anda tambahkan ke dalam konten tersebut agar pembaca terpengaruh untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Chatbot

Sebagai pebisnis, layanan pelanggan atau customer service menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Saat ini, pelanggan selalu ingin mendapatkan respon yang cepat karena semakin merasa dimanjakan oleh kemudahan dalam mengakses apapun.

Chatbot bisa menjadi solusi bagi bisnis yang ingin memberikan respon cepat kepada setiap pelanggan. Chatbot juga menjadi salah satu tren digital marketing di tahun ini.

Kesimpulan

Digital marketing memang mampu memberikan hasil yang menjanjikan, namun semua itu kembali pada strategi dan upaya yang dilakukan oleh masing-masing bisnis atau perusahaan.

Dengan mempelajari tren digital marketing, Anda bisa mengetahui apa saja strategi yang paling tepat untuk diimplementasikan dalam pemasaran digital.
Karena paid search menjadi salah satu tren digital marketing di tahun 2022, Anda bisa mengoptimalkan iklan Google dengan memilih A1 ACC Digital Marketing untuk mendapatkan jasa Google Ads yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan iklan dan promosi.

 

Share

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top