5 Manfaat Product Knowledge

5 Manfaat Product Knowledge

 

Dalam dunia bisnis, product knowledge atau pengetahuan produk menjadi salah satu aspek terpenting yang memegang peran krusial untuk meningkatkan penjualan dan mendukung kesuksesan proses bisnis secara keseluruhan. Sebab tanpa pengetahuan produk yang mumpuni, kemungkinan keberhasilan sales pitching akan semakin kecil. Proses sales approach yang Anda lakukan pada sales lead pun bisa menjadi sia-sia Bayangkan saja, Anda tidak mungkin tertarik untuk membeli produk dari tim sales yang tidak mengerti tentang produknya, bukan?
Karena jika sales tidak memiliki pengetahuan tentang produk, maka lead atau calon pelanggan pun kehilangan kepercayaan terhadap produk / brand yang ditawarkan (brand authority).

Apa Itu Product Knowledge?

Melansir dari Hubspot, product knowledge adalah kondisi di mana sales representative atau tim sales benar-benar memahami produk yang ia tawarkan. Karena jika Anda benar-benar mengetahui tentang produk, maka Anda bisa menjawab semua pertanyaan yang calon pelanggan tawarkan. Ibaratnya, apabila Anda tidak yakin dengan produk yang Anda jual, bagaimana mungkin pelanggan bisa mempercayai kualitas dan product value yang Anda tawarkan? Upayakan untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan dengan jawaban yang jelas dan lancar. Tujuannya agar proses penjualan berjalan dengan mulus.

Manfaat Product Knowledge

Melansir dari The Balance Small Business, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa bisnis Anda dapatkan:

Lebih Meyakinkan Pelanggan

Dengan pemahaman produk yang baik, tentunya Anda akan lebih mudah dalam meyakinkan pelanggan, bukan? Contohnya adalah saat Anda menawarkan suatu produk, maka Anda harus bisa menjelaskan kenapa produk tersebut dapat memberikan manfaat lebih kepada konsumen (customer value) ketimbang milik kompetitor. Dengan demikian, pelanggan akan jauh lebih mudah untuk tertarik pada produk yang Anda tawarkan dan peluang untuk closing pun akan semakin meningkat.

Kemampuan Komunikasi yang Lebih Baik dan Kuat

cara mengoptimalkan product knowledge Saat Anda memahami produk yang Anda tawarkan, tentunya Anda akan menjadi semakin percaya diri ketika berkomunikasi dengan calon pelanggan, bukan? Anda bisa menjelaskan secara rinci tentang produk yang Anda tawarkan dengan begitu baik. Anda pun akan dengan sigap menjawab semua pertanyaan yang calon pelanggan ajukan tanpa ragu sama sekali.. Sebab apabila Anda bisa berkomunikasi dengan penuh kepercayaan diri, maka pelanggan pun akan lebih mudah percaya pada Anda.

Menciptakan Brand Authority

Manfaat selanjutnya adalah product knowledge dapat meningkatkan brand authority atau kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda. Sebagaimana dua poin sebelumnya, pengetahuan yang mendalam dan mumpuni terhadap produk secara tak langsung dapat memengaruhi emosional calon pelanggan untuk turut menaruh kepercayaan terhadap brand. Inilah sebabnya, product knowledge juga menjadi salah satu aspek penting untuk membangun brand authority.

Membantu Proses Product Development

Manfaat selanjutnya adalah product knowledge dapat membantu proses pengembangan produk atau product development. Hal ini karena dengan pengetahuan produk yang mumpuni, Anda akan mengetahui kelebihan dan kelemahan produk yang Anda miliki. Begitu pula saat Anda berhadapan langsung dengan calon pelanggan, maka Anda bisa memperoleh insights tentang pandangan mereka terhadap brand.. Dengan produk yang sesuai kebutuhan dan demand dari pelanggan, maka Anda pun berkesempatan untuk dapat meningkatkan sales growth dan revenue bisnis.

Memudahkan Product Positioning

Manfaat kelima adalah memudahkan Anda dalam product positioning atau mendapatkan posisi produk di pasar. Dengan pengetahuan mendalam tentang produk, Anda akan lebih mudah dalam menganalisis kompetitor atau pesaing Anda (competitive analysis). Ini karena Anda mengetahui pasti apa yang menjadi keunggulan produk Anda ketimbang milik pesaing. Sehingga, Anda pun akan jauh lebih mudah dalam menentukan posisi di pasar (market positioning) maupun product positioning.

 

Cara Mengoptimalkan Product Knowledge

Caranya adalah dengan melakukan pelatihan rutin terhadap sales representative atau tim sales. Dengan begitu, mereka akan memiliki pengetahuan mendalam terhadap produk dan mengetahui acuan saat melakukan penjualan. Mengutip dari Marketing91, jenis-jenis product knowledge yang harus tim sales pahami antara lain adalah target pasar (audiens), brand value, corporate culture, tingkat kompetisi dengan kompetitor, market segmentation, market share, pricing, customer pain point, hingga customer experience dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

 

Intinya, pengetahuan tentang produk adalah hal wajib yang harus tim sales pahami untuk dapat meningkatkan penjualan secara optimal dan mencapai target bisnis. Selain mengoptimalkan product knowledge, Anda juga bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mendukung kesuksesan bisnis. Dino Website siap membantu Anda dalam menjalankan strategi digital marketing. Pelajari selengkapnya disini https://dinowebsite.com/web-development/

 

Tinggalkan Balasan